Selasa, 03 Juli 2012

Cara Menangani Troubleshooting Komputer


Cara Menangani Troubleshooting Komputer




Pengertian Troubleshooting- Troubleshooting adalah sebuah istilah dalam bahasa inggris, yang merujuk kepada sebuah bentk penyelesaian sebuah masalah. Troubleshooting merupakan pencarian sumber masalah secara sistematis sehingga masalah tersebut dapat diselesaikan. Troubleshooting, kadang-kadang merupakan proses penghilangan masalah, dan juga proses penghilangan penyebab potensial dari sebuah masalah. Troubleshooting, pada umumnya digunakan dalam berbagai bidang, seperti halnya dalam bidang komputer, administrasi sistem, dan juga bidang elektronika dan kelistrikan.
Dalam dunia komputer, segala sesuatu masalah yang berhubungan dengan komputer disebut Troubleshooting dan timbulnya masalah dalam komputer tentu ada sebabnya. Berikut adalah Cara Cepat Mengenali Troubleshooting :


  1. Apabila terjadi masalah dan sistem masih memberikan tampilan pesan pada monitor atau disertai dengan bunyi beep 1 atau 2 kali, maka kemungkinan letak permasalahan ada di komponen pada Kayboard, Card I/O, Disk Drive dan Disket.
  2. Apabila terjadi masalah dan sistem memberikan kode bunyi beep lebih dari 2 kali, maka kemungkinan letak permasalannya ada dikomponen RAM, VGA Card dan Monitor.
  3. Sedangkan untuk masalah yang tidak disertai pesan pada monitor atau kode bunyi beep, kemungkinan besar letak permasalannya ada di komponen Power Supply dan Motherboard.
Dengan ketiga macam teknik dalam pendeteksian masalah dalam komputer tersebut, tentunya akan lebih memperkaya pengetahuan kita dibidang komputer. Jadi jika suatu saat terdapat masalah pada komputer anda kita dapat melakukan pemeriksaan terlebih dahulu sebelum membawa ke tempat service . Kalaupun harus membawa ke tempat service kita sudah mengerti letak permsalahannya. Jadi kita tidak dibohongi oleh tukang service yang berniat nakal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar